www.gemapesisir.com
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 21 Juni 2024
 
Sidang WIPO ke-64, Menkumham Sampaikan Dukungan Indonesia terhadap Pemajuan Kekayaan Intelektual Global
Jumat, 07-07-2023 - 11:17:38 WIB


Jenewa - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly memimpin Delegasi Indonesia pada Sidang Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual (KI) Dunia atau dikenal dengan World Intellectual Property Organization (WIPO) ke-64 di Jenewa, Swiss. 

Dalam National Statement-nya, Yasonna menyampaikan dukungan pemerintah Indonesia terhadap pemajuan kekayaan intelektual dalam skala nasional hingga global.       

"Indonesia berkomitmen penuh membuka potensi insan berbakat, menghargai kreator dan inovator, serta memberikan pengetahuan untuk kepentingan masyarakat," kata Yasonna dalam Sidang Majelis Umum WIPO, Kamis (06/07/2023).

Ia menjelaskan Indonesia mendukung sistem Kekayaan Intelektual global, salah satunya melalui aksesi Nice Agreement tentang Klasifikasi Internasional Barang dan Jasa untuk meningkatkan sistem merek nasional berstandar internasional. Menurutnya, kerja sama internasional di bidang KI akan memberikan banyak manfaat.

"Kerja sama dan kemitraan internasional akan membentuk lanskap yang memupuk kreativitas, merangkul keragaman, dan mendorong pertumbuhan ekonomi," tutur Yasonna.

Dalam momen sidang WIPO ini, Indonesia akan melalukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan WIPO tentang Pendirian Pusat Pelatihan KI Nasional.

"Indonesia dan WIPO akan melakukan kerja sama mendirikan pusat pelatihan KI nasional untuk meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan KI," ungkapnya.

Di samping itu, lewat kepemimpinan Indonesia dalam ASEAN 2023, Indonesia membawa ASEAN fokus pada pertumbuhan ekonomi global dengan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi masyarakat dalam berkreasi dan berinovasi.

Dalam skala nasional, Indonesia sendiri telah memiliki Peraturan Pemerintah No.56 Tahun 2022 tentang Kekayaan Intelektual Komunal. Peraturan ini memainkan peran penting melestarikan dan mempromosikan warisan budaya Indonesia yang kaya, sekaligus melindungi pengetahuan tradisional.

Sidang Majelis Umum WIPO ke-64 akan berlangsung pada 6-14 Juli 2023. Sidang ini dihadiri oleh 156 negara anggota WIPO. Indonesia merupakan satu dari 88 negara yang menyampaikan National Statementnya dalam sidang ini. 

Menteri Hukum dan Ham memimpin Delegasi Republik Indonesia, didampingi Wakil Tetap RI di Jenewa ( Watapri), Dirjen Kekayaan Intelektual; dan Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Hubungan Luar Negeri.




Komentar Anda :

 
 
 
 
Indeks Berita
Bertemu Ketum DPP PSI, Maliki Semakin Percaya Diri Maju di Pilkada Rohil
Sudah Bertemu Ketua DPW PKB Riau, Duet Maliki-Abu Khoiri Terus Dimatangkan
PKB Sudah Beri Lampu Hijau, Duet Maliki-Abu Khoiri Menguat
Terkesan Berpihak ke Bistamam, Maliki Beri Statement Menohok untuk Ketua DPC Demokrat Rohil
Mantapkan Langkah Songsong Pilkada Rohil, Maliki Daftar Tiga Partai Sekaligus
Wabup H. Sulaiman Pimpin Apel 17 Hari Bulan dan Halal Bihalal Pasca Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H
Kadis LH Rohil Turun Langsung Bersihkan Lumpur Air Pasang Sungai Rokan
Suwandi Pimpin Langsung Pembersihan Sampah di Bagan Batu
Kapolda Riau Inisiasi Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Insan Pers Wartawan Mitra
Satreskrim Polres Rohil Pastikan Ketersediaan Stok BBM Menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H
 
Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
© 2023 PT. GEMA PESISIR PERS, All Rights Reserved